Struktur Organisasi SMP Ashhaburratib Al Madani

Kurikulum
Kurikulum Sekolah Menengah Pertama Islam ”Ashhaburratib” adalah kurikulum yang memadukan antara kurikulum Nasional, Lokal dan Pesantren.
Kurikulum ini bertolak dari beberapa prinsip :
- Prinsip keseimbangan antara kurikulum Nasional, Pesantren dan Lokal. Prinsip keseimbangan ini baik secara material maupun metodologikal
- Prinsip dinamis dalam merespons dan mengantisipasi perkembangan zaman
- Prinsip gradual dalam penyajian dan pengajarannya sesuai dengan jenjang dan target pendidikan
- Komponen kurikulum sekolah menengah Pertama Islam (SMPI) ” Ashhaburratib” terdiri dari :
- Kurikulum Nasional
- Kurikulum Pesantren, meliputi pembelajaran BTHQ (Baca, Tulis dan Hafal al- Quran), Kaligrafi, Fiqh dan Aqidah Akhlaq
- Kurikulum Lokal, meliputi pembelajaran Bahasa Daerah (Bahasa Sunda), Seni Budaya dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
Sarana & Prasarana

- Ruang belajar/Kelas : 3 ruang
- Ruang Guru dan Kepala : 1 ruang
- Ruang Kantor : 1 ruang
- Ruang Perpustakaan : 1 ruang
- WC Umum : 1 Unit
- WC guru : 1 Unit
- Mushola : 1 Unit
Dasar Pemikiran
- Al-Qur’an dan Al-Hadits.
- Mensukseskan Program Pencerdasan Kehidupan Bangsa yang dicita-citakan oleh Amanah Kemerdekaan.
- Untuk menjamin rasa Persatuan dan Kesatuan (Ukhuwah Islamiyah) yang akrab antara Pondok Pesantren dan lingkungan masyarakat sekitarnya.
- Tempat kegiatan Ibadan, pendidikan dan pengkaderan Muslimin – Muslimat dalam rangka menegakkan kalimah Allah.
Tujuan
- Mengembangkan Kreatifitas anak yatim piatu dalam Pendidikan Agama Islam agar tumbuh berkembang menjadi nilai Spiritual yang handal disekitarnya.
- Menyebarluaskan Ajaran Agama Islam.
- Tempat belajar Santri Pondok Pesantren Ashhaburratib Al Madani khususnya anak yatim piatu dan Masyarakat sekitar pada umumnya.
- Membina generasi bangsa terutama dalam memperoleh Pengetahuan Ilmu Agama Islam sebagai modal hidupnya dimasa mendatang khususnya anak yatim piatu.