SMP

Struktur Organisasi SMP Ashhaburratib Al Madani

Kurikulum

Kurikulum Sekolah Menengah Pertama Islam ”Ashhaburratib” adalah kurikulum yang memadukan antara kurikulum Nasional, Lokal dan Pesantren.

Kurikulum ini bertolak dari beberapa prinsip :

  1. Prinsip keseimbangan antara kurikulum Nasional, Pesantren dan Lokal. Prinsip keseimbangan ini baik secara material maupun metodologikal
  2. Prinsip dinamis dalam merespons dan mengantisipasi perkembangan zaman
  3. Prinsip gradual dalam penyajian dan pengajarannya sesuai dengan jenjang dan target pendidikan
  4. Komponen kurikulum sekolah menengah Pertama Islam (SMPI) ” Ashhaburratib” terdiri dari :
    1. Kurikulum Nasional
    2. Kurikulum Pesantren, meliputi pembelajaran BTHQ (Baca, Tulis dan Hafal al- Quran), Kaligrafi, Fiqh dan Aqidah Akhlaq
    3. Kurikulum Lokal, meliputi pembelajaran Bahasa Daerah (Bahasa Sunda), Seni Budaya dan Pendidikan Lingkungan Hidup.

Sarana & Prasarana

  1. Ruang belajar/Kelas :   3 ruang
  2. Ruang Guru dan Kepala :   1 ruang
  3. Ruang Kantor :   1 ruang
  4. Ruang Perpustakaan :   1 ruang
  5. WC Umum :   1 Unit
  6. WC guru :   1 Unit
  7. Mushola :   1 Unit

Dasar Pemikiran

  1. Al-Qur’an dan Al-Hadits.
  2. Mensukseskan Program Pencerdasan Kehidupan Bangsa yang dicita-citakan oleh Amanah Kemerdekaan.
  3. Untuk menjamin rasa Persatuan dan Kesatuan (Ukhuwah Islamiyah) yang akrab antara Pondok Pesantren dan lingkungan masyarakat sekitarnya.
  4. Tempat kegiatan Ibadan, pendidikan dan pengkaderan Muslimin – Muslimat dalam rangka menegakkan kalimah Allah.

Tujuan

  1. Mengembangkan Kreatifitas anak yatim piatu dalam Pendidikan Agama Islam agar tumbuh berkembang menjadi nilai Spiritual yang handal disekitarnya.
  2. Menyebarluaskan Ajaran Agama Islam.
  3. Tempat belajar Santri Pondok Pesantren Ashhaburratib Al Madani khususnya anak yatim piatu dan Masyarakat sekitar pada umumnya.
  4. Membina generasi bangsa terutama dalam memperoleh Pengetahuan Ilmu Agama Islam sebagai modal hidupnya dimasa mendatang khususnya anak yatim piatu.